Selasa, 06 November 2018

Rukun Islam


Sebelum saya membahas tentang isi artikel, penting rasanya untuk saya memberitahu ke pada pembaca bahwa apa yang saya tulis di artikel ini dinukil dari kitab sarah safinah annaja dalam bab rukun Islam, yang tentunya bukan saya yang menyurahkan, tapi dari guru - guru yang jauh lebih kompeten di bidang agama baik yang di pesantren maupun di majelis - majelis ilmu, dan beberapa sumber sebagai rujukan dalil yang berhubungan dengan topik yang saya bahas guna mempermudah ketikan saya dalam bahasa arab.

Segala puji hanya milik Allah yang menguasai seluruh alam, tidak ada sesuatu apapun yang berhak disembah kecuali Allah, dan kepadanyalah kita memohon pertolongan dari perkara - perkara dunia dan perkara agama. Solawat dan salam atas nabi Muhamad saw sebagai pungkasan para nabi (nabi terakhir) dan keluarganya dan para sahabatnya. Tak ada daya dan kekuatan kecuali dari Allah yang maha tinggi dan maha agung.

Pasal Rukun Islam
Rukun islam wajib hukumnya untuk diketahui oleh setiap muslim yang sudah aqil baligh yang bukan cuma sekedar mengetahui akan tetapi juga harus dilaksanakan. Adapun rukun islam adalah:

  1. Syahadat. Sebuah pernyataan yang meyakini bahwa "tiada tuhan yang wajib disembah selain Allah dan Muhamad utusan Allah" kalimat tauhid yang merangkum antara tauhid rububiyah (mengakui bahwa Allah adalah satu - satunya tuhan yang menciptakan alam semesta dan kehidupan, serta yang melindungi dan yang memeliharanya) , ulukhiyah (mengakui bahwa Allah adalah satu - satunya tuhan yang wajib disembah tanpa menisbatkan kepada apapun)  dan asma' wa sifat (pengakuan bahwa Allah sebagai pencipta alam sesemesta dan Allah memiliki nama - nama yang baik dan memiliki sifat - sifat yang layak dan pantas yang tidak menyerupai sifat - sifat makhluk ciptaannya), yang ketiganya menjadi satu kesatuan yang tidak boleh dipisah - pisahkan atau di pilah - pilah. Karena jika satu tauhid ditolak maka keluar dari iman. 
  2. Mendirikan sholat. Ibadah yang wajib di kerjakan bukan sekedar rutinitas, akan tetapi menjadi kebutuhan batin yang kemudian di terapkan dalam keseharian kita sebagai umat muslim, karena banyak hikmah yang bisa dipetik dari mulai berwudhu sampai penutup sholat yaitu mengucap salam, untuk bisa kita terapkan dalam keseharian kita, seperti halnya wudhu yang mengajarkan tentang kebersihan dan perilaku tertib, dan sholat yang mengajarkan kita bahwa manusia sama di hadapan Allah dan lain sebagainya. 
  3. Menunaikan zakat. Perintah untuk menunaikan zakat ini seringkali bisa kita jumpai di ayat - ayat Alquran yang dibarengi dengan perintah sholat sedikitnya ada 24 ayat yang memerintahkan kita untuk sholat dan menunaikan zakat salah satunya dalam surat Albaqarah : 43. وَأَقِيمُواْ الصَّلاَةَ وَآتُواْ الزَّكَاةَ وَارْكَعُواْ مَعَ الرَّاكِعِينَ
    "Dan laksanakanlah salat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah beserta orang yang rukuk". Sholat adalah interaksi kita dengan Allah sedangkan zakat adalah hubungan kita dengan sesama manusia salah satunya tentu tidak bisa dan tidak boleh kita abaikan bahkan ditinggalkan (hablum minallah, hablum minannaas). 
  4. Puasa di bulan Ramadhan. Ibadah yang tidak boleh ditinggalkan oleh semua umat muslim yang sudah aqil baligh, sebagaimana juga pernah dilakukan oleh umat - umat terdahulu agar kita bertaqwa kepada Allah SWT. 
  5. Menunaikan ibadah haji. Ibadah yang diwajibkan untuk orang - orang muslim yang mampu dari segi finansial, kesehatan dan lain - lain, tapi bukan berarti mampu berhaji diukur dari finansial, karena ibadah haji adalah panggilan Allah dan bagaimana kita mendapat panggilan dari Allah jika dari hati keci saja tidak ada kerinduan untuk bertamu ke rumah Allah. Jika Allah berkehendak, tidak ada yang tidak mungkin. 

Wallahu a'alam bisshowab... 


sumber:


EmoticonEmoticon