Selasa, 27 November 2018

Belajar tajwid | Surat Al-fatihah beserta hukum tajwidnya






بِسۡمِ ﷲِ الرَّحۡمٰنِ الرَّحيۡمِ ١۝


"Bismillaahi rrohmaani rrohiiiiiim".

اَلحَمۡدُ لِلّٰهِ رَبِّ الۡعَالَمِيۡنَ ٢۝
"Alhamdu lillaahi robbil'aalamiiiiiin".

الرَّحۡمٰنِ الرَّحِيۡمِ ٣۝ 
"Arrohmaani rrohiiiiiim".

مَالِكِ يَوۡمِ الدِّيۡنِ ٤۝
"Maaliki yaumiddiiiiiin".

اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ ٥۝
"iyaaka na'budu waiyaaka nasta'iiiiiin".

اِهۡدِنَ الصِّرَاطَ الۡمُسۡتَقِيۡمِ ٦۝
"Ihdinasshiroothol mustaqiiiiiim".

صِرَاطَ الَّذِيۡنَ أَنۡعَمۡتَ عَلَيۡهِمۡ غَيۡرِ المَغۡضُوۡبِ عَلَيۡهِمۡ وَلَا الضَّآلِّيۡنَ ٧۝
"Shirootholadziina an'amta 'alaihimghoiril magdhuubi 'alaihim waladdhoooooolliiiiiin". 

keterangan:
Tarqiq بِسۡمِ اللّٰهِ, لِلّٰهِ
"Ro" tafkhim رَ
Alif lam syamsiyah وَلَاالضَّ, نَ الصِّ, مِ الدِّيۡن
Alif lam qomariyah طَ الۡمُ, رِالمَ, بِ الۡعَا
Mad aridh lissukun لِيۡنَ ۝, قِيۡمِ ۝, دِيۡنِ ۝ 
mad thobi'i مَغۡضُوۡ, صِرَاطَ, مَالِكِ
Harfu layin لَيۡ, غَيۡ, يَوۡ
Izhar أَنۡعَ
Izhar safawi عَمۡتَ
Mad lazim mutsaqol kalimi  ضَآلِّ

Dalam surat A-lfatihah, lafadz basmalah termasuk kedalam ayat, yang akan saya garis bawahi di sini adalah hukum tajwid lam jalalah yang terdapat pada lafadz  Allah. Sebagai pembahasan awal di artikel kali ini.

Lam jalalah pada lafadz Allah mempunyai dua hukum yaitu tarqiq (dibaca tipis) dan tafkhim (dibaca tebal).

Dibaca tarqiq jika huruf sebelum lafadz Allah adalah berharokat kasroh. Seperti contoh lafadz "bismillah" بِسۡمِ ﷲِ, huruf mim ِم  berharokat kasroh berada di sebelum lafadz Allah, maka lafadz Allah dibaca tarqiq (tipis)

Dibaca tafkhim jika huruf sebelum lafadz Allah berharokat fatah atau dhomah. Seperti contoh:
عِنْدَ اللّٰهُ sebelum lafadz Allah ada harokat fatah, maka lafadz Allah harus dibaca tafkhim (tebal).
رَسُوْلُ ﷲ sebelum lafadz Allah ada harokat  dhomah, maka lafadz Allah dibaca tafkhim (tebal).

Hukum mad di dalam lafadz اللّٰه adalah mad ta'zim.

Pembahasan ke 2 yaitu alif lam syamsiah.
Apa itu alif lam syamsiah?.
Alif lam syamsiah adalah hukum bacaan Al-quran dimana suatu kalimat memiliki huruf alif dan lam  mati tapi tidak dibaca makhroj lam nya, seperti contoh:

مِنَ النّاَسِ ada huruf alif dan lam pada kalimat "minan naasi" tapi tidak dibaca  makhroj lamnya, tidak dibaca "minal naasi" tapi  dibaca "minan naasi".
Kenapa tidak dibaca makhroj lam nya?
Alasan pertama karena terlihat jelas ada tasydid.
Alasan  kedua karena huruf nun yang bertasydid tadi adalah salah satu huruf yang menjadi ciri alif lam syamsiah.

adapun  ciri alif lam syamsiah ada 14 huruf, diantaranya adalah:
ت ث د زرذ س ش ص ض ط ظ ل ن yang diawali huruf ال 

Pembahasan ke 3 adalah alif lam qomariyah. Apa itu alif lam qomariyah?. 

Alif lam qomariyah adalah kebalikan dari alif lam syamsiah, itu artinya kalimat yang makhroj lamnya dibaca.
Seperti contoh:

رَبِ العَالميْنَ dibaca "robbil 'aalamiina" bukan "robbi' 'aalamiina"

غَيْرِ المَغْضُوبِ dibaca "goiril magdhuubi" bukan "goirim magdhuubi".

Adapun ciri hurufnya adalah:
ا ب غ ح ج ك و خ ف ع ق ي م ه yang diawali huruf ال.

Pembahasan ke 4 yaitu izhar, dimana nun sukun / mati نْ atau tanwin ً dibaca jelas jika bertemu huruf - huruf seperti berikut: 
أ ه ع غ ح خ 

Seperti contoh: 

عَذَابٌ أَلِيْم "'adzaabun aliim" dihukumi izhar karena harokat tanwin / dhomah tain bertemu dengan alif.

أَنْعَمْتَ dibaca "an'amta" kata "an'a" أَنۡعَ hukumnya izhar karena nun sukun bertemu dengan huruf 'ain ع.

Pembahasan ke 5 yaitu izhar safawi. hukum mim sukun / mati  ketika bertemu huruf - huruf hijaiyah dari mulai ا sampai ي kecuali huruf mim م dan ب.
Seperti contoh: 

أَنْعَمْتَ "an'amta". kata "amta" عَمۡتَ adalah izhar safawi karena ada huruf mim sukun مْ bertemu dengan huruf ta ت.

Wallahu a'alam bishowab...

Read More

Sabtu, 24 November 2018

Belajar tajwid | mengenal tanda baca mad lazim harfi musyba, harfi mukhofaf, mad farqi, dan mad tamkin.





Mad far'i yang keseluruhannya ada 14, sudah 10 yang saya bahas sebelumnya, tinggal 4 mad lagi yang menjadi bahasan terakhir tentang bab mad, yaitu mad lazim harfi musyba, mad lazim harfi mukhofaf, mad farqi dan mad tamkin

K. Mad lazim harfi musyba'. adalah mad yang biasa kita temui di awal surat seperti awal surat albaqoroh الٓمّ (mutsaqol) disebut mutsaqol karena ada harokat tasydid. dibaca panjang 6 harokat kemudian sedikit menghentak pada huruf yang bertasydid. dibaca "alif laaaaaammiim" atau الٓرّ "alif laaaaaamrroo", kedua ayat tadi adalah contoh mad lazim harfi musyba'.


selain mad lazim harfi musba' mutsaqol ada juga yang mukhofaf


contoh:  كٓهيعٓصٓ dibaca "kaaaaaaf ha ya 'aiiiiiin shooood" atau نٓ dibaca "nuuuuuun" dan masih banyak lagi contoh lainnya yang bisa kita temukan di Al-quran.


L. Mad lazim harfi mukhofaf. sama seperti mad lazim harfi musyba', mad lazim harfi mukhofaf juga sering kita temukan di awal - awal surat yang mana mad ini mempunyai 5 ciri huruf yaitu:ح, ط, ه, ر, ي


contoh:

حٰمٓ  "haa miiiiiim" = yang menjadi ciri hukumnya adalah huruf ح dibaca 2 harokat.

طٰهٰ "thoo haa" = yang menjadi ciri hukumnya adalah huruf ط dan ه dibaca panjang 2 harokat.


يٰسٓ "yaa siiiiiin" = yang menjadi ciri hukumnya adalah huruf ي dibaca panjang 2 harokat.


M. Mad farqi. adalah mad yang terjadi apabila ada mad badal bertemu dengan huruf bertasydid. Panjang harokat untuk mad farqi adalah 6 harokat.


Masih ingat kan badal pada pembahasan di artikel sebelumnya?..


Baiklah, untuk mengingat kembali, saya jelaskan apa itu mad badal.

mad badal adalah huruf hamzah = أَ /  ءَ yang berharokat patah bertemu dengan huruf alif = ا yang menjadi ciri mad thobi'i lalu keberadaan alif sebagai ciri mad digantikan oleh fatah berdiri. Untuk penjelasan lengkapnya silahkan lihat di sini.

Kembali ke pembahasan tentang mad farqi, berikut ini adalah contohnya:


Pertengahan ayat ke 143 surat Al-an'am

قُلْ ءٰٓالذّكَرَيْنِ dibaca "qul aaaaaadzzakaroini" huruf hamzah berharokat fatah berdiri adalah tanda bahwa huruf hamzah dihukumi mad farqi dibaca panjang 6 harokat. Seperti halnya mad wajib muttasil dan mad jaiz mun'fasil, maka pada huruf yang dihukumi mad farqi pun diberi tanda harokat seperti alis.

Pertengahan ayat ke 59 surat Yunus

قُلْ آٰللّٰهُ اَذِنَ لَكُمْ dibaca "qul aaaaaallaahu adzina lakum". yang dihukumi mad farqi adalah huruf hamzah. Ingat ya setiap ada huruf alif berharokat adalah hamzah bukan alif, karena sebenarnya alif tanpa harokat adalah ciri mad, namun sudah jadi kebiasaan di kita jika huruf alif berharokat dibaca alif bukan hamzah.

Pertengahan ayat ke 59 surat An-naml

ءٰٓللّٰهُ خَيْرٌ dibaca "Aaaaaallaahu khoirun". Seperti contoh sebelumnya yang dihukumi mad farqi adalah hamzah berharokat fatah. Dibaca panjang 6 harokat.

N. Mad tamkin. Adalah hukum mad jika huruf ya berharokat kasroh = يِ bertemu dengan huruf ya sukun = يْ. seperti yang kita ketahui huruf ya sukun يْ adalah ciri mad thobi'i, namun jika yang menggunakan harokat kasrohnya adalah huruf ya ي maka bukan lah mad thobi'i tapi mad tamkin.


Maka bisa disimpulkan bahwa ciri dari mad tamkin adalah huruf ya ي ganda dengan syarat huruf ya ي yang pertama berharokat kasroh atau karoh berdiri يِ dan huruf ya setelahnya adalah ya sukun يْ dalam satu kalimat, tapi jangan mentang - mentang ada huruf kembar lalu dihukumi idghom mutamad silain, karena idghom mutamad silain mempunyai ciri - ciri khusus yang akan saya jelaskan insya Allah pada kesempatan lain dan dalam artikel yang lain pula.


Berikut ini adalah contoh mad tamkin:

اَلنَّبِيّٖيْنَ بِغَيْرِ dibaca "annabiyyiina bighoiri" = yang dihukumi mad tamkin adalah ya kasroh, dibaca panjang 2 harokat

Di alquran yang lain kita bisa temukan penggalan ayat ke 61 surat Al-baqoroh tadi dengan tulisan yang berbeda yaitu ya kasroh berdiri tanpa ada huruf ya sukun yang menjadi mad seperti berikut:


اَلنَّبِيّٖنَ بِغَيْرِ  bukan اَلنَّبِيّٖيْنَ بِغَيْرِ. Sebenarnya penulisan ayat keduanya sama saja tak merubah arti atau pun hukum tajwid, hanya saja metode penulisannya saja yang berbeda, ya sukun يْ yang seharusnya menjadi tanda mad di badalkan / diganti dengan kasroh berdiri. Seperti halnya surat Al-fatihah ayat ke 4:

مَا لِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ juga ditulis مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ di alquran yang berbeda tapi tak merubah makna maupun hukum tajwid. kata "maaliki" hukumnya mad thobi'i bukan mad badal, karena mad badal mempunyai ciri khusus yaitu hamzah berharokat fatah أَ bertemu dengan huruf alif ا seperti yang sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya.

Sederhananya, kita bisa tahu bahwa suatu kalimat hukumnya mad tamkin adalah huruf ya berharikat kasroh berdiri يٖ supaya tidak membingungkan anda yang baru belajar Al-quran. Karena nantinya anda akan lebih faham dengan terus belajar yang tentunya harus dengan guru pembimbing.


Selesai sudah pembahasan tentang mad di blog ini. Mohon dikoreksi bila ada kesalahan.


Wallahu a'alam bishowab...


Berikut ini adalah video nadzom tajwid versi sunda yang dibawakan oleh para santri yang diambil dari hasan udin chanel


Read More

Kamis, 22 November 2018

Belajar tajwid | mengenal mad iwad, mad lazim mutsaqol kalimi, mukhofaf kalimi, mad layin, mad silah qosiroh



Masih melanjutkan pembahasan sebelumnya tentang mad far'i yang memiliki banyak jenisnya, kali ini yang akan saya bahas adalah mad iwad, mad lazim mutsaqol kalimi, mad lazim mukhofaf kalimi, mad silah qosiroh, mad silah thowilah dan mad layin atau biasa kita sebut mad lin atau mad len beserta simulasi tajwidnya agar lebih difahami antara definisi dan contoh - contohnya.

E. Mad Iwad adalah mad yang tejadi jika di akhir kalimat ada harokat tanwin dengan tanda mad yaitu alif, maka harokat tanwin diganti menjadi fatah dan dibaca 2 harokat

Contoh:
Ujung ayat ke 6 surat Al-Balad لُبَدًا = dibaca "lubadaa"

F. Mad lazim mutsaqol kalimi mad thobi'i yang bertemu huruf bertasydid dalam satu kalimat dan harus dibaca panjang 6 harokat. Seperti halnya mad wajib muttasil dan mad jaiz mun'fasil, mad lazim mutsaqol kalimi memiliki tanda harokat seperti alis.

Contoh:
Ujung ayat ke 7 surat Al-fatihah وَلَا الضَّآلِّيْنَ = waladhoooooolliin. Pada ayat ini huruf dhod berharokat fatah hukumnya adalah mad lazim mutsaqol kalimi, dibaca panjang 6 harokat kemudian langsung masuk ke huruf lam bertasydid "dhoooooolliin".

G. Mad lazim mukhofaf kalimi tak jauh berbeda dengan mad lazim mutsaqol kalimi, yang membedakan adalah huruf setelah alif adalah huruf berharokat sukun bukan tasydid.

Contoh:
Surat yunus ayat 51 dan 91
ءَآلْئٰنَ hamzah berharokat fatah dibaca panjang 6 harokat "aaaaaal-aana".

H. Mad layin mad lin atau mad len di lidah orang indonesia hehe...
adalah harfu layin yang berada di ujung ayat atau waqof. Apa itu harfu layin?.. harfu layin, atau lin, atau len adalah hukum tajwid yang bilamana harokat fatah bertemu dengan huruf ya sukun يْ atau fatah bertemu dengan wau sukun وْ, namun jika berada di ujung kalimat menjadi mad yang berarti harus dibaca panjang 2 sampai 6 harokat.

Contoh:
Ujung surat al-balad ayat 8. عَيْنَيْنِ۝ ada dua hukum di sini. Yang pertama dihukumi harfu layin dan yang kedua dihukumi mad layin. عَيْ 'ai dibaca tanpa memanjangkan harokat, hukumnya adalah layin, lin atau len. نَيْنِ "naiiiiiin" hukumnya adalah mad layin, karena diujung ayat maka nun kasroh = نِ dibaca sukun = نْ tanpa harokat kasroh.

I. Mad silah qosiroh adalah mad dengan dhomir / kata ganti "ha" dhomah, kata ganti dari dhomir هُوَ tanpa diikuti huruf hamzah = أ . Apa itu dhomir?.. dalam ilmu shorof dhomir adalah kata ganti kepemilikan. Untuk mengetahui tentang dhomir secara detail, anda harus belajar ilmu shorof dulu.

Sederhanya kita bisa mengetahui suatu kalimat hukumnya adalah mad silah qosiroh yaitu dengan melihat dari cirinya huruf "Ha" dengan harokat domah terbalik = هٗ tanpa diikuti huruf hamzah = أ.  Kalau di al-quran cetakan indonesia hamzah berharokat biasanya ditulis alif = ا.

Contoh:
Surat al-ihlas ayat 4:
وَلَمْ يَكُنْ لَهٗ كُفُوًا اَحَدٌ ۝ "lahuu" adalah mad silah qosiroh dibaca panjang 2 harokat

J. Mad silah thowilah sama seperti halnya mad silah qosiroh, cuman bedanya kalau mad silah thowilah ada huruf hamzah= أ pada kalimat berikutnya.

Contoh
Surat al-balad ayat 7
اَيَحْسَبُ اَنْ لَّمْ يَرَهٗٓ اَحَدٌ ۝ "yarohuuuuu" dibaca panjang 5 harokat.

Simulasi



لَآ اُقسِمُ بِهٰذا الْبَلَدِ ١۝
"Laaaaaa uqsimu bihaazdal balad"

وَاَنْتَ حِلُّ بِۢهٰذا الْبَلَدِ ٢۝
"wa an'ta hillum bihaadzal balad"

وَوَالِدٍ وَّمَا وَلَدَ  ٣۝
"Wa waalidiw wamaa walad"

لَقَدْ خَلَقْنَا الْاِنْسَانَ فِيْ كَبَدٍ ٤۝
"laqod kholaqnal in'saana fii kabad"

اَيَحْسَبُ اَنْ لَّنْ يَقْدِرَعَلَيْهِ اَحَدٌ ٥۝
"ayahsabu allay yaqdiro 'alaihi ahad"

يَقُوْلُ اَهْلَكْتُ مَا لًالُّبَدًا ٦۝
"yaquulu ahlaktu maa lallubad"

اَيَحْسَبُ اَنْ لَّمْ يَرَهٗٓ اَحَدٌ ٧۝
"ayahsabu allam yarohuu ahad"

اَلَمْ نَجْعَلْ لَّهٗ عَيْنَيْنِ ٨۝
"allam naj'al lahuu 'ainaiiiiiin"

Keterangan: 
silahkan cek dan tentukan sendiri mana yang termasuk kedalam hukum:
Mad thobi'i,
Mad jaiz mun'fasil
Harfu layin
Mad layin
Mad silah qosiroh
Mad silah thowilah

Semoga bermanfaat.
Read More

Rabu, 21 November 2018

Belajar tajwid | Mad badal




Hukum mad yang termasuk ke dalam mad far'i adalah: 

D. Mad badal adalah huruf hamzah yang bertemu alif yang mana alif sebagai ciri mad digantikan oleh fatah berdiri. Dalam masyarakat kita yaitu indonesia lebih suka menyebut huru hamzah = ء sebagai huruf alif = ا karena penulisan alquran di kita berbeda dengan alquran buatan orang timur tengah dalam menulis tanda mad atau huruf alif berharokat yang lebih tepatnya bukan alif tapi hamzah. Huruf alif sebenarnya digunakan untuk tanda mad dan setiap huruf alif yang berharokat bukanlah alif tapi huruf hamzah.
Seperti contoh:
وَلَلْاٰخِرَةُ خَيْرٌ لَكَ مِنَ اُوْلىٰ = Alquran standar indonesia.

وَلَلْأٰخِرَةُ خَيْرٌ لَكَ مِنَ أُولىٰ = Alquran cetakan arab / timur tengah.
"Walal aakhirotu" adalah mad badal karena fatah berdiri =  اٰ  adalah pengganti huruf alif yang menjadi tanda mad untuk mad badal. Berbeda dengan mad thobi'i yang mempunyai tiga huruf yang menjadi ciri mad yaitu اوي, mad badal hanya mempunyai satu ciri huruf saja yaitu hamzah = أ dengan harokat fatah berdiri.

Simulasi
Silahkan cek yang mana mad asli dan yang mana mad far'i
Mad asli / mad thobi'i
Mad wajib muttasil
Mad badal





وَالضُّحٰى ١۝
 "Wadhuhaa"

ولَّيْلِ اِذَا سَجیٰ ٢۝
"Wallaili idzaa sajaa"

مَا وَالدَّعَكَ رَبُّكَ ومَا قَلٰی ٣۝
"Maa wadda'aka robbuka wamaa qolaa"

وَلَلْاٰخِرَةُ خَيْرٌ لَكَ مِنَ الْاُولٰی ٤۝
"Walal aakhirotu khoirullaka minal uulaa"

وَلَسَوْفَ يُعْطِيْكَ رَبُّكَ فَتَرضٰى ٥۝
"Walasaufa yu'thiika robbuka fatardhoo"

اَلَمْ يَجِدْكَ يَتِيْمًا فَأٰوٰى ٦۝
"Alam yajidka yatiiman' fa-aawaa"

وَوَجَدَكَ ضَآ لًّا فَهَدٰا ٧۝
"Wawajadaka dhoooooollan' fahadaa"

وَوَجَدَكَ عَآءِلًا فَاَغْنٰی ٨۝
"Wawajadaka 'aaaaa-ilan fa-agnaa"

فَاَمَّاالْيَتِيْمَ فَلَا تَقْهَرْ ٩۝
"fa-ammal yatiima falaa taqhar"

وَاَمَّا الْسَّآءِلَ فَلَا تَنْهَرْ ٠١۝
"Wa ammassaaaaa۔ila falaa tanhar"

وَاَمَّا بِنِعمَۃِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ ١١۝
"wa ammaa bini'mati robbika fahaddits"

Mudah kan?..
Semoga bermanfaat.

Read More

Senin, 19 November 2018

Belajar tajwid | mad aridh lissukun dan tanda waqof






Melanjutkan bahasan sebelumnya tentang mad wajib muttasil dan mad jaiz mun'fasil, kali ini saya akan menjelaskan hukum mad aridh lissukun yang termasuk kedalam mad far'i.
Apa itu mad aridh lissukun ?.
  • C. Mad aridh lissukun adalah mad thobi'i yang berada di ujung kalimat atau berhenti pada tanda waqof.

    Dihukumi mad arid lissukun jika berhenti di ujung kalimat / ayat atau pada tanda waqof, namun jika diteruskan tanpa berhenti di ujung kalimat / ayat atau pada tanda waqof, maka hukumnya adalah mad thobi'i.

    Sebelum ke pembahasan mad aridh lissukun penting rasanya kita tahu apa itu waqof ?
    Waqof adalah berhenti saat membaca alquran.
    Ada beberapa sebab kenapa kita harus berhenti saat membaca Alquran diantaranya adalah:
    1. Karena ada tanda waqof.
    2. Karena berada di akhir ayat.
    3. Karena nafas tidak memungkinkan untuk melanjutkan bacaan. Saat membaca alquran kita tidak diperkenankan mengambil nafas sembarangan, boleh berhenti untuk mengambil nafas jika tidak kuat saat membaca alquran, tapi mengulang kembali apa yang sudah kita baca dari kata atau suku kata di akhir kalimat saat kita berhenti tadi, kemudian menyelesaikan bacaan dalam satu ayat.

    Lalu apa itu washol ?
    Washol adalah melangsungkan bacaan dalam dua ayat / kalimat sekaligus tanpa jeda untuk mengambil nafas.
    Untuk pembahasan waqof dan washol akan saya paparkan secara rinci satu persatu di artikel ini. Sekarang saya fokuskan dulu pada pembahasan mad aridh lissukun.

    Seperti yang sudah dijelaskan di atas mad aridh lissukun adalah mad thobi'i di ujung kalimat atau berada pada tanda waqof.

    Contoh:
    Surat alfatihah ayat 1 :
    اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ٠
    عَالَمِيْنَ dibaca "'aalamiiiiiin", bukan dibaca "'aalamiiiiiina".
    Nun berharokat fatah = نَ jadi nun mati/ nun sukun = نْ, maka mim dikasroh = مِ dihukumi mad aridh lissukun, karena letaknya diujung ayat, boleh dibaca 4 harokat, atau 6 harokat.

    Jika dibaca washol, maka hukumnya adalah mad thobi'i dibaca panjang 2 harokat saja tanpa membuang harokat di ujung ayat menjadi sukun = نْ .  jadi kata عَالَمِيْنَ٠ di baca 'aalamiina -> dilanjutkan dengan ayat berikutnya tanpa jeda untuk mengambil nafas.
Mengenal tanda waqof
Seperti yang sudah saya jelaskan di atas tentang apa itu waqof, apa itu washol. Nah.. selanjutnya yang perlu kita ketahui dalam membaca alquran adalah mengenali tanda - tanda waqof.

Tanda - tanda waqof:

  • waqof Mutlaq = ط yang artinya harus berhenti
  • waqof lazim dengan tanda mim keci yang artinya harus berhenti tidak boleh washol
     
  • Waqof jaiz = ج yang artinya boleh berhenti, boleh washol.
  • Waqof alwaqfu aula = قلى yang artinya sangat disarankan untuk berhenti, tapi tidak apa - apa kalau mau lanjut (washol)
  • Waqof alwashlu aula = صلى sangat disarankan lanjut (washol), tapi tidak apa - apa kalau mau berhenti
  • Waqof mu'anaqoh = .: (tiga titik) bisa kita lihat di surat albaqoroh ayat dua, di sana ada dua tanda waqof mu'anaqoh yang artinya berhentilah di salah satu tanda titik tersebut, jangan berhenti di keduanya.
  • Waqof La washol = لا yang artinya kita boleh berhenti untuk mengambil nafas jika tidak kuat melanjutkan, akan tetapi harus mengulang bacaan dari kata atau suku kata di akhir ayat saat kita berhenti tadi, kemudian melanjutkan bacaan.
  • Waqof saktah سكته yang artinya harus berhenti tapi tidak boleh mengambil nafas.


Mengetahui tanda baca atau hukum - hukum dalam ilmu tajwid pada ayat - ayat alquran sangatlah penting, agar kita tidak asal - asalan saat membaca. Semoga bermanfaat.
Read More