Jumat, 16 November 2018

Belajar tajwid | mad wajib muttasil dan mad jaiz mun'fasil beserta ciri - cirinya









Assalamu'alaikum wr.wb.
Melanjutkan pembahasan sebelumnya tentang mad, kali ini saya akan mengenalkan "mad wajib muttasil" dan "mad jaiz mun'fasil" yang termasuk ke dalam mad far'i yang memiliki 14 jenis mad. Untuk yang belum kenal, yuk kita kenali apa itu mad wajib muttasil, dan apa itu mad jaiz mun'fasil dan apa sih ciri - ciri keduanya??
Untuk yang sudah kenal boleh mengabaikan artikel ini tapi jangan dilupakan alqurannya. Atau tetap nyimak, karena siapa tahu ada yang perlu ditambahkan atau diperbaiki apa yang sudah saya tulis di artikel ini. Karena manusia tempatnya salah dan lupa.

Lanjut.!!

Mad far'i:


  • A. Mad wajib muttasil adalah mad thobi'i yang bilamana bertemu dengan huruf hamzah = ء dalam satu lafadz maka harus dibaca 5 harokat. Seperti contoh: جَزَاءَdibaca jazaaaaa'a. Kita bisa mengetahui suatu huruf adalah mad wajib muttasil dengan ciri harokat seperti alis dan huruf hamzah di ujung lafadz seperti gambar di bawah ini.



    Lafadz جَزَا adalah madthobi'i namun pada contoh gambar diatas tidak bisa dikatakan madthobi'i karena ada huruf hamzah = ء dan posisi hamzah disini adalah merupakan bagian dari lafadz itu sendiri (جَزَاءً) yang artinya balasan.
  • B. Mad jaiz mun'fasil adalah mad thobi'i yang bilamana bertemu dengan huruf alif dalam dua lafadz. Seperti contoh:



  • Jika kita perhatikan مَا adalah madthobi'i namun lafadz setelahnya ada huruf alif dengan harokat fatah pada lafadz أَصْحَابُ maka tidak bisa dikatakan mad thobi'i tapi mad jaiz mun'fasil karena ada alif di depannya yang bukan bagian dari lafadz itu sendiri tapi ada dua suku kata yaitu مَا dan أَصْحَابُ. Huruf م fatah hukumnya mad jaiz mun'fasil, harus dibaca panjang bisa 2 harokat, 4 harokat dan 6 harokat.

    Seperti halnya mad wajib muttasil, mad jaiz mun'fasil ini bisa dengan mudah kita ketahui dengan tanda harokat seperti alis, hanya saja pada mad jaiz mun'fasil ada huruf alif pada lafadz di depannya.

Itulah tadi penjelasan singkat tentang mad wajib muttasil dan mad jaiz mun'fasil dengan ciri - cirinya. Semoga mudah difahami.
Wassalamu 'alaikum wr.wb.


EmoticonEmoticon